Di Bali akan Dibangun Jalan Tol yang Bisa Dilewati Motor hingga Sepeda

By Harits Suryo, Senin, 12 September 2022 | 17:40 WIB

Ilustrasi jalan tol di Bali

Gridmotor.id - Di Bali akan segera dibangun jalan tol yang bisa dilewati dengan motor bahkan sepeda.

Jalan tol pada umumnya merupakan jalan bebas hambatan yang diperuntukan bagi kendaraan roda empat atau lebih.

Kedaraan yang memiliki roda kurang dari empat seperti bentor dan motor dipastikan tidak boleh masuk jalan tol pada umumnya.

Nama ruas tol yang akan segera dibangun mulai tahun ini adalah Tol Jagat Kerthi Bali. Jalan bebas hambatan ini merupakan jalan tol penghubung Gilimanuk-Mengwi (Tol Gilimanuk-Mengwi).

Yang menarik dan bisa membedakan dengan jalan tol lainnya di Indonesia, yakni tol ini akan menjadi akses utama bagi kendaraan umum, roda empat, roda dua alias motor, bahkan sepeda.

Guna mengakomodasi kendaraan sepeda motor dan sepeda, tol ini akan memiliki tiga jalur, yakni jalur untuk kendaraan roda empat maupun di atasnya, jalur khusus sepeda motor, dan jalur khusus sepeda, serta dilengkapi dengan enam simpang susun atau interchange.

Selain untuk mengakomodasi pengguna motor, ruas khusus kendaraan roda dua dan sepeda ini dilakukan untuk memanjakan wisatawan supaya dapat menikmati keindahan alam Bali.

Tol ini juga akan menghubungkan ujung Barat Pulau Bali yakni Gilimanuk yang masuk Kabupaten Jembrana, lalu melalui Kabupaten Tabanan, hingga berakhir di Kabupaten Badung.

Trase tol sepanjang 96,21 kilometer itu secara rinci akan melewati tiga kabupaten, 13 kecamatan dan 58 desa dengan estimasi biaya konstruksi sebesar Rp 24 triliun.

Baca Juga: Harusnya BBM Pertalite untuk Motor dan Angkutan Umum, Ombudsman Beri Penjelasan