Dituduh Curang Gara-gara Kasus Katup Kontroversial di MotoGP 2020, Bos Yamaha Angkat Suara, Bilang Begini...

By Indra Fikri, Rabu, 11 November 2020 | 18:24 WIB

Dituduh curang gara-gara kasus katup kontroversial di MotoGP 2020, Managing Director Yamaha, Lin Jarvis angkat suara.

 

Gridmotor.id - Dituduh curang gara-gara kasus katup kontroversial di MotoGP 2020, Managing Director Yamaha, Lin Jarvis angkat suara.

Lin Jarvis menghadapi hukuman yang diterima oleh Yamaha karena menggunakan katup dari dua vendor berbeda pada mesin Yamaha YZR-M1.

Dirinya tidak punya pilihan selain mengungkapkan kepada masyarakat umum semua detail dari masalah yang biasanya tidak keluar dari lingkungan MSMA.

Meski begitu, hal ini tidak mengurangi hukuman yang dijatuhkan oleh FIM, namun setidaknya, ini memperjelas bahwa tidak ada penggantian katup, tidak ada keinginan untuk curang.

Tetapi hanya pelanggaran regulasi yang menggunakan satu suku cadang yang dipasok oleh beberapa vendor.

Baca Juga: Susunan Pembalap MotoGP 2021, Slot Kosong Masih Sisa Satu Lagi Nih

Baca Juga: Hasil MotoGP Eropa 2020: Joan Mir Tampil Gemilang, Valentino Rossi Ketiban Sial di Tengah Balapan

Berikut ini adalah klarifikasi dari Lin Jarvis di saluran tv asal Inggris, BT Sport:

“Pertama-tama, ada kesalahpahaman besar karena Anda berbicara tentang penggantian katup, yang belum pernah terjadi. Kami meminta untuk mengganti katup saat kami mengalami kerusakan mesin awal tahun ini.

Pada dasarnya dari titik itu cerita dimulai tetapi saya pikir sangat penting untuk memahami asal mula cerita dan kesalahan yang terjadi untuk sampai pada situasi sanksi ini.

Kenyataannya adalah, bahwa kami telah merencanakan di musim ini dengan katup dengan spesifikasi tertentu dari vendor tertentu.

Pertengahan tahun lalu, ketika kami memesan semua suku cadang, kami menyadari bahwa pemasok katup ini akan berhenti memproduksi katup ini di masa mendatang.