Wabah Corona Bisa Berakhir, Bikers Harus Tahu Ini Dia Obat yang Diklaim Efektif Sembuhkan Pasien Covid-19, Apa Efek Samping Dexamethasone?

By Ahmad Ridho, Kamis, 18 Juni 2020 | 17:05 WIB

Gambar ilustrasi pasien Covid-19 alias Corona

GridMotor.id - Wabah corona bisa berakhir, bikers harus tahu obat yang diklaim efektif sembuhkan pasien Covid-19, apa kandungan dan efek samping Dexamethasone?

Dexamethasone (deksametason) tengah menjadi sorotan karena dianggap sebagai terobosan besar dalam memerangi pandemi virus corona.

Pada Selasa (16/6/2020), para ahli yang dipimpin tim Universitas Oxford mengungkapkan temuan awal bahwa dexamethasone dapat mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 dalam kondisi parah.

Temuan awal ini menjadikan dexamethasone sebagai obat pertama yang terbukti secara efektif bekerja melawan virus corona jenis baru.

Baca Juga: Viral Pasien Sembuh Corona Bagikan Rincian Biaya Perawatan, Totalnya Setara Dua Yamaha All New NMAX Baru!

Apa itu dexamethasone?

Dexamethasone merupakan obat steroid berbasis rendah yang biasanya dipakai mengobati berbagai reaksi alergi, rheumatoid arthritis dan asma, gangguan darah, kekebalan tubuh, masalah pernapasan hingga kanker tertentu.

Obat ini masuk dalam obat anti-inflamasi, kelompok obat untuk mengurangi peradangan sehingga meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Penelitian dilakukan dengan meresepkan obat ini kepada sekitar 2.000 pasien yang terinfeksi corona virus dengan kasus parah.

Baca Juga: Sedih Lihatnya, Gendong Bayi Turun dari Motor Matic Masuk ke Toko Obat, Kelakuan Pasutri Ini Bikin Geleng-geleng Kepala

Hasilnya, obat mampu mengurangi risiko kematian dengan rasio satu banding tiga untuk pasien yang menggunakan ventilator dan satu banding lima untuk pasien yang menggunakan tabung oksigen.