PLN Bakal Sediakan Tempat Penukaran Baterai untuk Motor Listrik Grab

By Harits Suryo, Jumat, 15 Juli 2022 | 19:30 WIB

Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU)

Gridmotor.id - PLN bakal sediakan 4.800 tempat penukaran baterai untuk motor listrik Grab tahun ini.

Pemerintah Indonesia menargetkan ada 6 juta unit sepeda motor listrik dalam kurun waktu tiga tahun ke depan hingga 2025.

Motor listrik itu direncanakan tersebar di berbagai daerah sebagai langkah mengurangi emisi karbon dan menghemat konsumsi bahan bakar minyak.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), PLN, dan Pertamina bekerja sama mempercepat konversi sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) ke motor listrik.

Sebab, kerja sama ini dapat mempercepat transisi energi bersih, menekan impor dan subsidi BBM, dan menghemat devisa negara.

Lalu PT PLN (Persero) berkomitmen mendukung operasional Grab Indonesia dalam menggunakan 8.500 kendaraan listrik yang sebagian besar adalah sepeda motor, dengan menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) sebanyak 4.900 unit tahun ini.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen menyediakan fasilitas untuk mempermudah pengguna kendaraan listrik baik roda empat dan roda dua untuk mengisi daya energi listrik kendaraannya.

Sehingga ekosistem kendaraan listrik di Indonesia semakin masif terbangun.

"Masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan listrik tidak usah khawatir nanti mengisi daya listriknya di mana kalau kehabisan daya di jalan.

Baca Juga: Pria Mau Kerja Dibacok Pemotor di Tanjung Priok, Dihajar Sampai Tewas Pelaku Kabur