Mantul, Khawatir Keselamatan Para Driver Ojol di Tengah Wabah Virus Corona, Seorang Pria Membuat Portal Desinfektan Otomatis

By Indra Fikri, Selasa, 31 Maret 2020 | 21:05 WIB

Karena khawatir akan keselamatan para driver ojek online (ojol) di tengah wabah virus corona, seorang pria membuat portal desinfektan otomatis.

Gridmotor.id - Karena khawatir akan keselamatan para driver ojek online (ojol) di tengah wabah virus corona, seorang pria membuat portal desinfektan otomatis.

Pria bernama Aris Joko Saraswo, warga Danukusuman, Serengan, Solo, Jawa Tengah, membuat inovasi alat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Alat ciptaannya tersebut diberi nama portal disinfektan otomatis yang mampu menyemprotkan cairan disinfektan secara otomatis ketika driver ojol melintas.

Portal disinfektan otomatis ini dia pasang di Jalan Veteran No 62 Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon tetapnya di kawasan pusat perbelanjaan Luwes Gading, Solo.

Baca Juga: Girang Bukan Main, Akhirnya Ada Dua Bank Yang Berikan Kelonggaran dan Penundaan Cicilan Buat Driver Ojek Online

Baca Juga: Palembang Geger, Mendadak Mobil Mitsubishi Pajero Diserbu Driver Ojek Online dan Tukang Becak, Ternyata Ini Alasannya

Pria yang akrab disapa Aris mengatakan, alasan dirinya membuat alat khusus bagi driver ojol supaya mereka terhindar dari penyebaran Covid-19.

"Kita prihatin dengan kondisi driver ojol yang kerjanya berhubungan dengan banyak orang lain. Karena kita memikirkan keselamatan dia, anak-anak dia dan keluarga dia," kata Aris saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Dia mengaku, pengerjaan portal tersebut membutuhkan waktu satu hari dan menghabiskan dana Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Portal disinfektan otomatis ini dibuat menggunakan bahan utama besi sebagai rangka portal, menggunakan cairan klorin yang dianjurkan pemerintah, pompa kombinasi antara DC/AC, empat titik penyemprotan, galon berukuran 25 liter dan lainnya.