Nasib Guru Honorer 9 Bulan Tak Digaji, Jangan Harap Bisa Beli Motor, Pemerintah Dimana?

By Albi Arangga, Selasa, 27 September 2022 | 07:15 WIB

Para guru honorer melakukan aksi unjuk rasa lantaran gajinya belum dibayar selama 9 bulan.

Gridmotor.id - Terdengar kabar yang cukup miris kala guru honorer belum digaji selama 9 bulan hingga sikap Pemerintah yang masih dituggu.

Ada puluhan guru honorer yang tertunggak gajinya selama 9 bulan di Bandar Lampung.

Boro-boro buat beli motor, untuk mencukupi kebutuhan hidup pastinya sulit.

Usut punya usut, bukan hanya guru honorer saja yang tertunggak gajinya, ternyata masalah itu juga dialami oleh guru yang statusnya sudah menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di daerah.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi X DPR RI Ratih Megasari Singkarru meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bergerak cepat.

kami juga ingin Kemendikbudristek ini bergerak cepat dalam proses pengangkatan guru honorer. Karena masih banyak sekali keluhan-keluhan, mungkin bukan hanya di dapil, saya juga tapi seluruh Indonesia," kata dia dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, dikutip dari laman resmi DPR, Senin (26/9/2022).

Bahkan menurutnya, para guru yang tertunggak gajinya itu sudah meminta bantuan hukum kepada pengacara Hotman Paris Hutapea.

Diketahui, gaji mereka yang seharusnya diterima sejak Desember 2021, namun hingga kini belum juga kunjung diterima.

Baca Juga: Sekolah Dikira Dealer Motor Gara-Gara Satpam Dan Para Guru Ini, Kok Bisa?

"Apalagi dengar kabar tadi video yang cukup viral mereka (para guru honorer dan PPPK) ini sampai kumpul di Kopi Johny itu. Mereka mengeluhkan 9 bulan terakhir ini belum mendapatkan gajinya sama sekali jadi tolong pak menteri hal-hal seperti ini selalu kita dengar jadi tolong ada action cepat dari Pak Menteri (Nadiem Makarim) beserta seluruh jajaran," pinta Ratih.