Kecelakaan Maut Truk Tronton Rem Blong di Balikpapan, Anggota Komis V DPR RI Ngamuk

By Albi Arangga, Jumat, 21 Januari 2022 | 16:00 WIB

Kecelakaan maut terjadi di Simpang Muara Rapak Balikpapan, Jumat (21/1/2022)

Gridmotor.id - Kecelakaan maut akibat truk tronton alami rem blong hingga menbarak beberapa motor dan mobil di Balikpapan, turut disorot anggota DPR RI.

Anggota Komisi V DPR RI, Irwan, turut mengomentari peristiwa kecelakaan maut akibat truk tronton alami rem blong di Balikpapan.

Menurutnya perlu adanya investigasi menyeluruh terkait dengan kecelakaan maut yang disebabkan oleh truk tronton tersebut.

Ia juga meminta adanya tindakan tegas terhadap kendaraan yang mengangkut muatan secara berlebihan atau over dimensi over loading (ODOL) di dalam kota.

"Harus segera ada evaluasi dan tindakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang terus memakan korban di lokasi yang sama. Ini tidak boleh terus dibiarkan seperti ini," kata Irwan.

Irwan mengaku, dalam beberapa tahun ini telah meminta Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Kaltimtara membangun beberapa jembatan timbang di ruas jalan nasional Kalimatan Timur.

"Mengenai penindakan ODOL, kita minta dipertegas sampai dengan penindakan di tempat melalui Revisi UU LLAJ yang mulai dibahas di Komisi V DPR RI," papar legislator asal Kaltim itu.

Selain itu, Irwan pun akan akan koordinasi dengan Dirlantas Polda Kaltim untuk bisa melakukan pengawasan dan penindakan tegas terhadap kendaraan ODOL.

Baca Juga: Ngeri! Adu Banteng Dua Motor di Kotawaringin Timur, Satu Pemotor Langsung Tewas

"Keberadaan ODOL dalam kota ini tidak bisa lagi ditoleransi harus segera ditindak tegas. Termasuk sopir dan pemilik kendaraan yang menyebabkan musibah besar hari ini harus bertanggung jawab di hadapan hukum," ujar Irwan.