Sepele Bikers Harus Tahu 2 Sebab Utama Infeksi Virus Corona yang Paling Tinggi

By Aong, Minggu, 28 Juni 2020 | 11:22 WIB

Pemotor yang menggunakan masker tapi tidak menggunakan helm diperiksa polisi

Gridmotor.id - Karena hal sepele biker harus tahu 2 sebab utama infeksi virus corona yang paling tinggi.

Sehingga menyebabkan sebaran kasus baru Covid-19 tinggi di beberapa daerah.

"Tidak menjaga jarak, tidak memakai masker. Ini menjadi faktor utama sebaran kasus baru Covid-19," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Kamis (25/6/2020).

Masyarakat yang tidak jaga jarak dan tidak pakai masker setidaknya menyebabkan tingginya jumlah kasus baru Covid-19 di 5 daerah.

Baca Juga: Ratusan Warga Berhamburan, Viral Video Warga Parkir Motor di Tengah Jalan Cegat Mobil Ambulans dan Ambil Paksa Jenazah Covid-19

Baca Juga: Ngilu Liatnya, Maksud Hati Olahraga Saat Pandemi Corona, Pesepeda Saling Bersenggolan, Jatuh Ketengah Jalan Kelindes, Motor Ikutan Jatuh

Hingga Kamis, pemerintah mencatat 1.178 kasus baru Covid-19 sehingga secara akumulatif ada 50.187 kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Kelima daerah itu adalah Jawa Timur (247 kasus baru dan 241 pasien sembuh), DKI Jakarta (196 kasus baru dan 112 pasien sembuh), Sulawesi Selatan (103 kasus baru dan 59 pasien sembuh), Maluku Utara (80 kasus baru dan 1 pasien sembuh) dan Jawa Tengah (78 kasus baru).

Adapun penularan Covid-19 secara keseluruhan terjadi di 446 kabupaten/kota yang berada di 34 provinsi.

Lebih lanjut, Yuri mengingatkan bahwa Covid-19 menyebar secara cepat melalui percikan droplet yang keluar saat bersin maupun batuk.

Baca Juga: Musti Hati-hati Banget Nih Kalau Lewat di Daerah Ini Gak Pakai Masker Saat Pandemi Virus Corona, Hukumannya Bikin Malu Tujuh Turunan

"Memakai masker adalah salah satu cara efektif untuk menahan droplet tersebut agar tidak menyebar.