Bikers Mesti Waspada Mi Instan Dicurigai Mengandung Minyak Bumi Hingga Mahasiswa Meninggal Kena Kanker Perut

By Aong, Rabu, 27 Mei 2020 | 11:05 WIB

Ilustrasi mi instan

Gridmotor.id - Mie atau mi instan disukai semua kalangan namun biker mesti waspada karena dicurigai mengandung minyak bumi. 

Mi instan dicurigai mengandung minyak bumi karena harus tahan lama sehingga pakai bahan pengawet yang digunakan.  

Agar mi instan tahan lebih lama dicurigai dicampur kadar minyak bumi.

Mi instan rendah kandungan nutrisi, tinggi lemak, kalori dan sodium dan dicampur pewarna buatan, pengawet, zat aditif dan perasa.

Baca Juga: Instan Karma, Pemotor Songong Konvoi Sok Jagoan Langsung Jungkir Balik Ditabrak, Geber-geber Motor dan Tutup Jalan

Baca Juga: Instan Karma, Pengendara Motor Hajar Spion Mercy Pakai Helm, Dibalas Langsung Terkapar

"Dalam kebanyakan kasus monosodium glutamat (MSG) serta hidrokuinon tersier-butil (TBHQ), yaitu pengawet kimia yang berasal dari industri minyak bumi - mungkin ada dalam mi instan untuk meningkatkan rasa dan menjaga ketahanan."

"Meskipun asupan makanan dari unsur-unsur ini diperbolehkan dalam batas, asupan teratur dari mi instan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah," kata Dr Sunil Sharma, dokter umum dan kepala darurat, Madan Mohan Malviya Hopsital, New Delhi.

Tahun lalu, The Washington Post telah melaporkan penelitian dari Korea Selatan yang dilakukan untuk menguji efek mi instan pada kesehatan manusia.

Menurut penelitian, "Meskipun mi instan adalah makanan yang nyaman dan lezat, mungkin ada peningkatan risiko untuk sindrom metabolik mengingat sodium tinggi, lemak jenuh yang tidak sehat dan beban glikemik," kata Hyun Shin, kandidat doktor di Harvard School of Public Health.