Nah Loh, Pemerintah Bakal Tarik Cukai dari Asap Kendaraan Motor, Gara-gara Polusi Makin Tinggi?

By Indra Fikri, Kamis, 20 Februari 2020 | 17:05 WIB

Uji emisi Honda PCX 150

Gridmotor.id - Pemerintah berencana akan menarik cukai dari asap kendaraan bermotor.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Adapun alasan pengenaan cukai itu adalah melihat efek yang ditimbulkan kendaraan berbahan fosil yang saat ini kian memarak dan terjadinya polusi.

"Obyek cukai yang kami sarankan diperuntukkan kendaraan bermotor yang menghasilkan emisi CO2 atau karbon dioksida," ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Baca Juga: Geger, Video Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Puluhan Mobil dan Motor Mewah, Ada Honda, Yamaha, Triumph dan Harley-Davidson

Baca Juga: Beli Moge Sitaan Bea Dan Cukai Agar Murah, Bagaimana Cara Mengurus STNK dan BPKB?

Namun, tidak semua kendaraan dikenakan cukai.

Menkeu mengatakan, pengecualian cukai ini bisa diberikan kepada beberapa kendaraan, seperti kendaraan yang tidak menggunakan BBM atau kendaraan listrik, kendaraan umum, pemerintah, dan kendaraan kepemilikan khusus seperti damkar, ambulans, serta kendaraan untuk diekspor.

"Untuk mekanisme pembayaran dilakukan sama seperti plastik dan minuman tadi, yaitu pada saat keluar dari pabrik atau pelabuhan," ucapnya.

Apabila usulan ini diterima, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan mendapatkan penerimaan cukai sebesar Rp 15,7 triliun.