Semarang Geger, Komplotan Curanmor Ditangkap Polisi, Berhasil Gasak 50 Motor Modalnya Cuma Sikat Gigi

By Ardhana Adwitiya, Selasa, 11 Februari 2020 | 08:05 WIB

Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat menunjukkan kunci yang digunakan komplotan pencuri sepeda motor asal Mranggen Kabupaten Demak.

GridMotor.id - Komplotan pencuri motor matic mampu membawa kabur hingga 50 kendaraan, hanya bermodal gagang sikat gigi yang dimodifikasi.

Dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 5 juta, motor curian tersebut dijual ke penadah. 

Komplotan yang terdiri dari Abdul Jalil (34), Imam Safii (34), dan Danang (19) mencari sasaran mulai di Demak, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, dan Boyolali.

Melansir dari Kompas.com, Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat mengatakan, sasaran komplotan ini adalah sepeda motor yang diparkir di rumah indekos yang sepi.

Baca Juga: Bertingkah Laku Mencurigakan, Dua Maling Langsung Kabur Naik Yamaha FreeGo Setelah Diteriaki Oleh Tetangga Pemilik Rumah

Baca Juga: Tenteng Pistol, Maling Motor Leluasa Bawa Kabur 2 Unit Honda BeAT, Korban Sampai Gemeteran

"Untuk menjalankan aksinya, mereka menggunakan kunci magnet buatan mereka sendiri yang dibuat dari magnet negatif, positif, dan menggunakan gagang sikat gigi," jelas Adi, saat gelar kasus di Mapolres Semarang, Senin (10/2/2020).

Kunci magnet berbahan gagang sikat gigi tersebut dibuat Danang melalui bermacam uji coba.

Memakai kunci modifikasi itu, pencuri dapat beraksi kurang dari satu menit untuk membuka kunci pengaman magnet.

"Setelah kunci pengaman magnet dibuka dengan kunci gagang sikat ini," kata Adi Sumirat.

Baca Juga: Tega Banget, Ditinggal Salat Subuh di Masjid, Motor KTM 690 Enduro Pria Ini Dicuri Maling di Kawasan Sukabumi