Pemotor Ketar-ketir, Bukan Cuma Mobil Tilang Elektronik (E-TLE) Juga Bakal Menjerat Motor Tahun Depan

By Ahmad Ridho, Jumat, 6 Desember 2019 | 15:05 WIB

Ilustrasi tilang elektronik (ETLE).

GridMotor.id - Tak hanya untuk kendaraan seperti mobil saja, pelaksanaan penindakan tilang elektronik juga akan diberlakukan untuk motor.

Perlakukan pelaksanaan penindakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk motor akan dilakukan pada tahun depan.

Seperti disampaikan langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

"Jadi untuk motor itu tahun depan sudah kita terapkan ya. Karena saat ini masih kita seeting untuk TNKB-nya itu dengan posisi yang bagaimana," kata Yusuf.

Baca Juga: Ditilang Karena Gak Pakai Helm Remaja Curhat Sambil Menangis, Lihat Perlakuan Polisi yang Bikin Haru

Baca Juga: Tegang, Pengemudi Mobil Tabrak Polisi Gara-gara Tolak Ditilang, Kaca Mobil Sempat Dipukul Pemotor

"TNKB motor ini kan beda dengan mobil. Jadi sedang kita proses masalah TNKB-nya. Setelah itu jadi kita sosialisasi dulu selama sebulan. Jadi kan banyak motor yang TNKB-nya di atas dan di bawah bahkan ada yang di samping seperti Harley-Davidson," sambung Yusuf.

Yusuf mengaku, saat ini pihaknya masih menyusun penempatan kamera CCTV agar bisa menembus dari berbagai macam arah.

"Nah, ini yang akan kita sinkronkan bagaimana kamera menembus dari berbagai macam arah. Kalau itu sudah oke, akan kita sosialisasikan sehingga dalam waktu dekat akan kita realisasikan," ucapnya.

Dengan adanya penindakan ETLE ini, pihaknya berharap masyarakat bisa lebih tertib berlalu lintas.