Enggak Tau Malu, Situs Kitabisa Disalahgunakan Untuk Minta Bantuan Cicilan Motor Sampai Modal Nikah

By Indra Fikri, Minggu, 10 November 2019 | 18:35 WIB

Situs Kitabisa Disalahgunakan Untuk Minta Bantuan Cicilan Motor Sampai Modal Nikah

Gridmotor.id - Jagad dunia maya ramai tentang penggalangan dana di Kitabisa.com yang banyak disalahgunakan.

Diantaranya, sejumlah orang melakukan penggalangan dana mulai dari biaya nikah hingga membiayai cicilan motor melalui Kitabisa.

Bahkan dalam penggalanan dana untuk cicilan motor tersebut, disebutkan alasan melakukan hal tersebut karena bercanda.

Saat dikonfirmasi, CEO Kitabisa, Alfatih Timur mengatakan, secara umum Kitabisa memfasilitasi beragam penggalangan dana yang tidak melanggar hukum, memenuhi kaidah serta tidak melanggar aturan dari community guideline Kitabisa.

Baca Juga: Simulasi Cicilan Big Skutik Yamaha TMAX DX, Ada Bonus Helm Arai!

Baca Juga: Ngebet Kepingin Kredit Motor? Simak 5 Tips dari Petinggi Perusahaan Leasing

"Beberapa yang dilarang di community guideline kami di antaranya penggalangan dana Hoax/fiktif, politik praktis, rasisme, dan juga yang bersifat main-main atau bercanda," ujar Timmy, sapaan akrabnya, kepada Kompas.com, Sabtu (9/11/2019).

Timmy mengklaim, pihaknya rutin melakukan pengecekan terhadap penggalangan dana yang masuk dan menutup penggalangan dana yang tidak sesuai dengan community guideline Kitabisa.

Selain itu, Timmy mengaku melakukan verifikasi berlapis mulai dari identitas penggalang dana (foto KTP dan selfie dengan KTP), tujuan galang dana, hingga nomer rekening yang digunakan untuk pencairan.

"Dari waktu ke waktu, kami juga bekerja sama dengan lembaga/NGO resmi untuk turut mengawasi agar dana yang dicairkan tepat guna," katanya lagi.