Luar Biasa, 3 Pembalap MotoGP Yang Cedera Parah Saat Seri Perdana Sudah Siap Mengaspal Minggu Ini Di MotoGP Andalusia

By Indra GT, Jumat, 24 Juli 2020 | 15:35 WIB

Marc Marquez dinyatakan fit untuk bisa balapan di MotoGP Andalusia 2020

Gridmotor.id -Ke 3 pembalap MotoGP yang mengalami kecelakaan dan cedera parah saat seri perdana MotoGP ternyata sudah siap mengaspal di MotoGP Andalusia Minggu ini.

Padahal ke 3 pembalap MotoGP ini yang mengalami kecelakaan yang hebat mengakibatkan cedera yang parah.

Seharusnya ketika pembalap MotoGP mengalami cedera yang parah harus istirahat hingga 2 minggu kedepan.

Karena jadwal balap MotoGP tahun 2020 yang sangat ketat dan padat membuat pembalap harus benar-benar siap untuk balapan seri berikutnya.

Baca Juga: Bikin Panas Dingin! Segini Biaya Benerin Motor MotoGP Milik Marc Marquez Akibat Crash di Sirkuit Jerez Spanyol

Baca Juga: Gak Cuman MotoGP, Cegah Penularan Covid-19 Daerah Ini Juga Lakukan Ini Terhadap Pemotor, Umbrella Girlnya Mana Nih?

Ketiga pembalap itu adalah Alex Rins (Team Suzuki Ecstar), Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol dan Marc Marquez (Repsol Honda Team).

Pembalap terakhir, Marc Marquez malah mengalami insiden paling parah dibandingkan kedua pembalap Alex Rins dan Cal Crutchlow.

Alex Rins mengalami dislokasi bahu dan dilakukan suntikan pereda sakit hingga terapi ruang hiperbarik (hyperbaric chamber).

Cal Crutchlow yang mulanya diduga mengalami cedera dan memar di kepala, ternyata mengalami retak di tulang pergelangan tangan kiri atau scaphoid.

Alex Rins, Cal Crutchlow dan Marc Marquez MotoGP Spanyol 2020 minggu lalu cedera dan naik meja operasi. Ketiganya dibolehkan balap di MotoGP Andalusia 2020 akhir pekan ini, (26/7/2020)

Baca Juga: Ngeri, Video Marc Marquez Terlempar Keras dan Terseret di Gravel di MotoGP Spanyol 2020, Tangan Kanan Retak

Sampai akhirnya, Cal Crutchlow naik meja operasi di RS Universitas Dexeus Barcelona, (21/7/2020).

Cal Crutchlow langsung dibolehkan pulang setelah menjalani operasi pemasangan sekrup di tulang scaphoid tangan kiri.

Marc Marquez mengalami patah tulang lengan atas kanan atau humerus.

Bahkan saat insiden high side carsh di MotoGP Spanyol 2020 di sirkuit Jerez, (19/7/2020), Marc Marquez kesakitan sambil memegang lengan bawah kanan.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2020: Fabio Quartararo Jadi Yang Tercepat, Valentino Rossi Tidak Masuk 10 Besar

Prediksi Marc Marquez mengalami cedera parah, sampai dilarikan ke klinik medis MotoGP.

Pihak tim medis MotoGP mengungkapkan Marc Marquez mengalami retak di tulang humerus.

Hingga akhirnya, Marc Marquez dirujuk ke RS Universitari Dexeus Barcelona untuk naik meja operasi.

Yup, Marc Marquez naik meja operasi di rumah sakit yang sama dengan Cal Crutchlow menjalani operasi pemasangan sekrup di tulang scaphoid tangan kiri.

Baca Juga: Waduh, Valentino Rossi Enggak Pede Nih Musim MotoGP 2020, Tidak Sebut Dirinya Masuk 5 Besar Pembalap Terbaik Musim ini, Ternyata Ini Alasannya

Tak hanya itu, dokter yang menangani Marc Marquez juga sama menangani Cal Crutchlow.

Hanya saja, Marc Marquez setelah proses operasi pemasangan pelat di tulang humerus kanannya itu, harus menginap di rumah sakit selama 48 jam untuk observasi lebih lanjut.

Kalau Alex Rins sudah jalan-jalan di paddock dan sampai naik-naik motor MotoGP Suzuki GSX-RR segala untuk adaptasi dengan kondisi cedera bahu kanannya.

Cal Crutchlow malah sudah mengumbar dirinya akan tiba di sirkuit Jerez, Kamis pagi, (23/7/2020) untuk menjalani tes dengan tim medis MotoGP boleh tidaknya tampil.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Ketiban Sial, Patah Tulang Saat Latihan Motocross, Bagaimana Nasibnya Jelang Balap Perdana MotoGP 2020?

Bahkan, nama Cal Crutchlow sudah jadi bagian salah satu peserta konferensi pers jelang MotoGP Andalusia 2020 di sirkuit Jerez yang berlangsung hari yang sama Kamis sorenya.

Hal paling gokil adalah Marc Marquez yang harus menginap di RS Universitas Dexeus Barcelona selama 48 jam sejak Selasa (21/7/2020).

Sampai-sampai, dokter yang menangani Marc Marquez, dr Xavier Mir, memberikan ancer-ancer Marc Marquez bakal absen di MotoGP Andalusia 2020 akhir pekan ini.

Marc Marquez baru akan kembali di seri berikutnya MotoGP Rep. Ceska 2020 di sirkuit Brno, (9/8/2020).

Baca Juga: Tega Banget, Marc Marquez Dituduh Pakai Cara Kotor Demi Kuasai Balap MotoGP

Begitu juga bos tim Repsol Honda, Alberto Puig, yang memperkirakan Marc Marquez bakal absen di MotoGP Andalusia 2020.

Semua asumsi dan prediksi Marc Marquez bakal absen di MotoGP Andalusia 2020 bubar.

Marc Marquez sekonyong-konyong tiba di sirkuit Jerez dengan kondisi segar bugar.


Tanpa dibebat atau penopang tangan kanannya tidak seperti saat dirujuk ke RS Dexeus Barcelona.

Baca Juga: Bikin Melongo Semua Orang, Video Cara Hidupkan Mesin Motor MotoGP Tanpa Kick Starter dan Electrick Starter, Ternyata Bukan Didorong

Marc Marquez mengenakan manset di bagian tangan kanan atas.

Marc Marquez tak terlihat kesakitan saat berjalan.

Alex Rins, Cal Crutchlow dan Marc Marquez pun menghadap tim medis MotoGP untuk melakukan serangkaian tes apakah mereka boleh balapa atau tidak di MotoGP Andalusia 2020.

Hasilnya bikin melongo karena ketiganya dinyatakan mereka fit dan boleh balap di MotoGP Andalusia.

Baca Juga: Efeknya Mendunia, Enggak Bisa Dibayangkan Gimana Gelaran Balap MotoGP Tanpa Valentino Rossi

Hal itu sebagaimana diinformasikan MotoGP yang memastikan Alex Rins, Cal Crutchlow dan Marc Marquez fit untuk balapan di MotoGP Andalusia 2020.

Apakah ini strategi perang mental Marc Marquez buat para rivalnya.

Marc Marquez berani ambil risiko besar dengan tampil di MotoGP Andalusia 2020 dengan kondisi patah tulang humerus kanan dan dioperasi?

Kita lihat sama-sama, di sesi latihan resmi pertama (FP1) MotoGP, Jumat (24/7/2020).