Klarifikasi Berita dari Pihak FIF Group Selong Terkait Salah Paham Debitur

By Aong, Rabu, 13 Mei 2020 | 12:39 WIB

Ilustrasi pelayanan FIF Group. Perusahaan Leasing yang Kasih Kelonggaran Kredit Kendaraan

GridMotor.id - Artikel ini ditulis setelah surat resmi klarifikasi dari pihak FIF terhadap dua artikel GridMotor yang tayang Senin lalu (11/5/2020).  

Dua artikel itu berjudul Debt Collector atau Juru Tagih Bikin Pentolan LSM Ngamuk di Kantor Leasing Karena Baru Telat Bayar Sejam Tunggakan Kredit Sudah Ditagih dan Pentolan LSM Ngamuk di Kantor Leasing Mengaku Telat Sejam Bayar Tunggakan Ditagih Akui Salah Paham.

Isi surat resmi klarifikasi dari pihak FIF sebagai berikut. 

Sehubungan dengan dua kali pemberitaan media https://gridmotor.motorplus-online.com, pertama pada hari Senin, 11 Mei 2020 pukul 08:00 WIB, dengan judul Debt Collector atau Juru Tagih Bikin Pentolan LSM Ngamuk di Kantor Leasing Karena Baru Telat Bayar Sejam Tunggakan Kredit Sudah Ditagih dan kedua pada hari yang sama pukul 16:00 WIB dengan judul Pentolan LSM Ngamuk di Kantor Leasing Mengaku Telat Sejam Bayar Tunggakan Ditagih Akui Salah Paham.

Maka dengan ini kami mengajukan hak jawab untuk dapat dipertimbangkan sebagai klarifikasi informasi yang telah diberitakan sebelumnya, mengingat dengan dua kali pemberitaan di atas ternyata masih memberikan persepsi yang berbeda, karena:

1. Berita yang dimuat pada media https://gridmotor.motorplus-online.com pada tanggal 11 Mei 2020 pukul 08:00  WIB, meski sudah diralat pukul 16:00 WIB masih menyisakan perbedaan persepsi. Kami khawatir informasi ini  akan sangat menganggu dalam kondisi yang sangat sensitif saat ini.

2. Pemuatan berita tersebut tidak melalui konfirmasi sama sekali kepada kami, dalam hal ini pihak karyawan ataupun manajemen FIFGROUP Selong, sehingga hal ini tidak sesuai dengan kaidah cover both side yang berlaku dalam pemberitaan media massa.

3. Apalagi berita yang ditulis per tanggal 11 Mei 2020 pukul 08:00 mengutip sumber dari media lain, yang kejadiannya sudah hampir sebulan yang lalu (15 April 2020) dan sudah diralat pada tanggal 17 April 2020. Herannya, kenapa ralat pada tanggal 17 April 2020 tersebut tidak masuk dalam pemberitaan https://gridmotor.motorplus-online.com 11 Mei 2020. Takutnya diartikan bahwa https://gridmotor.motorplus online.com hanya mencari berita negatif saja, meski sudah ada ralat sebelumnya dari media yang dikutip.

Pemberitaan tersebut menimbulkan dampak negatif, baik bagi karyawan maupun perusahaan, sehingga berdampak kepada reputasi layanan kami di FIFGROUP Selong yang pada akhirnya berdampak negatif terhadap citra perusahaan.

Masyarakat akan bertanya kenapa berita yang sudah selesai tanggal 17 April 2020
diulang lagi oleh media lain pada tanggal 11 Mei 2020.

5. Mengacu kepada empat poin di atas dan menjelaskan semua ini, kami minta kepada media https://gridmotor.motorplus-online.com untuk menerbitkan hak jawab kami pada kesempatan pertama.

4. Atas perhatian dan dimuatnya hak jawab ini, kami ucapkan terima kasih.
Selong, 12 Mei 2020

Hormat Kami,

I Ketut Ardhiyana