Koplak Nih Anak Sekolahan, Tetap #Dirumahaja Saat Pandemi Virus Corona, Siswa Sekolah Ini Malah Nekat konvoi Pakai Motor

By Indra GT, Minggu, 19 April 2020 | 10:45 WIB

Siswa SMA di Kota Solo yang rayakan konvoi kelulusan digiring oleh Tim Sparta Polresta Solo

Gridmotor.id - Maklumat Kapolri melarang masyarakat untuk berkumpul apalagi konvoi saat pandemi virus corona.

Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona maka masyarakat harus mengikuti anjuran pemerintah untuk #physicaldistancing.

Tetap #dirumahaja jangan melakukan kegiatan yang tidak penting untuk keluar rumah agar mengurangi penyebaran virus corona.

Tapi anjuran ini tidak didengar dan diikuti oleh para siswa SMA dan SMK di Solo.

Baca Juga: Keren Bro, Motor Dinas Kawasaki KLX 150 Milik Polisi Ini Dimodifikasi Jadi Alat Penyemprot Disinfektan Cegah Virus Corona

Baca Juga: Mantap, Sambil Konvoi Naik Motor Listrik , Bupati Asmat Turun Tangan Langsung Sosialisasi Cegah Virus Corona ke Masyarakat

Di tengah pandemi corona, puluhan siswa di Kota Solo malah menggelar konvoi menggunakan motor merayakan kelulusan.

Akibatnya, mereka diamankan oleh Tim Sparta Polresta Solo, Sabtu (18/4/2020).

Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai mengatakan, ada 24 siswa SMK / SMA yang diamankan anggotanya.

Selain karena mengganggu masyarakat, konvoi yang dilakukan siswa itu juga terbilang rentan lantaran dilakulan di tengah wabah virus corona yang sedang melanda.

Baca Juga: Bikin Melongo, Cuma Pakai Bikini Bule Ini Malah Gelar Balap Liar di Jalan Raya, Bukannya #Stayathome Saat Pandemi Virus Corona

"Jadi pas (anggota) patroli, kemudian diinformasikan kalau ada konvoi anak-anak SMK SMA yang merayakan kelulusannya, kemudian kami tindaklanjuti kemudian kami amankan di Mapolres," kata Andy kepada tribunjateng.com.

24 siswa tersebut mendapat pembinaan saat di markas polisi.

Mereka harus membuat surat pernyataan untuk tidak mengulang perbuatan serupa dan tidak boleh pulang tanpa dijemput orang tuanya.

"Tadi yang membawa kendaraan yang tidak sesuai ketentuan, misalnya knalpot brong itu kami minta untuk bawa knalpot yang standar," kata dia.

Baca Juga: Nah Loh, di Tengah Pandemi Virus Corona Ada Oknum Komunitas Motor Trail Malah Trabasan ke Hutan, Sampai Masuk Daerah Terlarang Yang Dilindungi

Saat mengetahui alasan mereka menggelar konvoi lantaran merayakan kelulusan, Andy  heran. Padahal tahun ini ujian nasional ditiadakan.

Lebih dari itu, saat ini wabah virus corona telah melanda.

Sementara di Solo sendiri dinyatakan kejadian luar biasa karenanya. Hal-hal yang harus dihindari di antaranya berkerumun.

"Tentu saja dengan situasi sekarang sudah diimbau dari pemerintah, agar jangan melakukan kegiatan yang berkerumun seperti itu. Itu kan sangat rentan terhadap penyebaran.

Kemudian konvoi menggunakan knalpot brong tidak menggunakan kelengkapan berkendara itu kan juga melanggar. Mengganggu masyarakat yang lainnya. Makanya itu saya imbau agar tidak melakukan hal tersebut," katanya.



Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Di Tengah Pandemi Corona, Puluhan Siswa di Solo Konvoi Kelulusan,