Anniversary ke-24, Kompas.com Menjaga Kredibilitas dan Berantas Hoaks

By Indra GT, Rabu, 18 September 2019 | 11:08 WIB

Kompas.com tergabung dengan IFCN


Gridmotor.id - Bulan September Tahun 2019 Kompas.com resmi memasuki usia yang ke-24.

Untuk pertama kalinya berita-berita yang terbit di harian Kompas hari itu diunggah ke internet pada tanggal 14 September 1995 silam.

Unggahan berita berita dari harian Kompas dilakukan di laman  www.kompas.co.id, dan disebut Kompas Online, disingkat KOL.

Awalnya memang belum ada pengumuman di koran Kompas yang menginformasikan bahwa berita-berita sudah bisa dinikmati secara digital.

Baca Juga: Ojek Online Sudah Bikin Macet Jalan, Pengamat Sebut Ojol Sudah Melebihi Kuota

Baca Juga: Gawat, Motor dan Ojek Online Bisa Kena Aturan Pelat Nomer Ganjil Genap

Sampai pada 22 Oktober 1995, seorang wartawan Kompas, Pendiri Kompas Online, Rene L Pattirajawane membuat artikel yang berjudul Kompas Online: Informasi Masa Depan.

Menandai ulang tahun ke-24, Kompas.com mengajak seluruh pembaca untuk terus #MenjernihkanPikiran, #MenghargaiPerbedaan, serta #MelihatHarapan dengan semangat Jernih Melihat Dunia.

HUT ke-24 Kompas.com menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk memberi apresiasi kepada pembaca dan karyawan yang loyal dan telah bekerja keras.

Acara HUT Kompas.com akan diselenggakan pada 18 September 2019 di Studio 1 Kompas TV, Jakarta.

Baca Juga: Biar Sama Sama Untung, Bonus Poin Disesuaikan Tarif Ojek Online

Dengan hashtag #JernihUntukMelangkah, acara ini ditujukan untuk memberi semangat kolektif sebagai bekal melangkah demi kemajuan dan keunggulan bangsa Indonesia di masa depan. 

Ulang tahun ini sekaligus untuk merayakan semangat kolaboratif, produktif, dan berkelanjutan yang juga tengah diusung oleh KG Group of Media.

Acara ulang tahun Kompas.com akan dihadiri lebih dari 200 karyawan untuk bersyukur, berterima kasih dan berbagi kebahagiaan bersama.

Ada sederetan artis yang akan bergembira bersama dengan bernyanyi, di antaranya adalah Enda dan Oncy.

Baca Juga: Driver Ojek Online Nyemplak Honda PCX Electric, Top Speednya Segini

“Ulang tahun adalah kesempatan bersyukur dan berterima kasih. Bersyukur untuk semua hal baik yang sudah diterima dan kesempatan baik untuk tahun-tahun mendatang," 

"Berterima kasih kepada pembaca dan semua karyawan untuk perjalalanan sejauh ini," ujar Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho.

Di usianya yang ke-24, Kompas.com berusaha untuk tampil relevan mengikuti perkembangan zaman, dengan tetap menjaga kredibilitas dan mengandalkan tiga ciri jurnalistiknya: popular, high quality, online journalism.

Di era banjir informasi dan semakin banyaknya hoaks, Kompas.com merupakan tempat untuk memverifikasi berbagai informasi yang berseliweran.

Baca Juga: Talkshow Online Bareng Tokoh Ternama di Aplikasi BaBe 1on1 Sudah Bisa Di Tonton Bro

Kompas.com sendiri merupakan media di Indonesia yang memiliki sertifikasi dari International Fact-Checking Network (IFCN).

"Mari kita gunakan kesempatan baik dan kredibilitas Kompas.com yang dibangun selama 24 tahun untuk menjernihkan informasi sebagai bekal langkah baik kita semua ke depan," ujar Wisnu.

Selamat ulang tahun Kompas.com!

 
Artikel ini telah tayang di MOTOR Plus-online.com dengan judul Rayakan Ulang Tahun yang ke-24, Kompas.com Tetap Menjaga Kredibilitas dan Berantas Hoaks