Mengenal Cara Kerja RC Valve, Teknologi Yang Bikin Honda NSR Ngacir!

By Uje, Senin, 17 Desember 2018 | 19:05 WIB

Cara kerja RC Valve Honda NSR 150 SP

GridMotor.id - Salah satu teknologi yang terpasang di NSR series adalah RC Valve (Revolutionary Controlled Exhaust Valve).

RC Valve, merupakan sistem katup mesin yang mengatur besaran lubang buang secara elektronis.

Teknologi ini bertujuan agar tenaga yang dihasilkan selalu maksimal sesuai putaran mesin, baik itu di putaran mesin rendah, menengah, atau tinggi.

Bagaimana cara kerjanya RC Valve, dan benarkah teknologi menambah performa Honda NSR 150?

Baca Juga : Yuk Mengenal Sejarah Honda NSR 150, Mana Yang Paling Diincar?

"Fungsinya itu buka-tutup katup. Ketika di rpm rendah, katup ini akan menutup. Ketika rpm tinggi, katup akan terbuka sehingga akselerasi yang dihasilkan akan maksimal," kata Tommy Patria, pemilik sekaligus tuner Patria Techno, bengkel spesialis Honda NSR 150.

RC Valve terdiri dari beberapa komponen pendukung, yakni unit pengontrol, motor servo, katup pembuangan, dan kabel pengontrol yang menghubungkan katup pembuangan dengan motor servo.

CDI mengontrol RC Valve

Selain itu, RC Valve juga berhubungan dengan komponen kelistrikan seperti aki dan kiprok.

Cara kerjanya, putaran mesin akan dideteksi oleh CDI, kemudian sinyal tersebut dikirimkan ke motor servo untuk menentukan besaran katup lubang buang sesuai dengan kondisi putaran mesin.

Nah, karena semburan bahan bakar juga disesuaikan, maka RC Valve bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

"Karena sistem kerjanya memakai banyak perangkat elektronik, perlakuannya lebih khusus. Terutama pada sistem kelistrikan," jelas Tommy.

"Banyak pemakai NSR 150 yang RC Valve-nya rusak, karena masalah kelistrikan yang tidak terdeteksi. Kalau sudah rusak, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit," wanti Tommy yang bengkelnya buka di bilangan Depok, Jawa Barat.